Nov 13, 2009

Kebaya

Indonesian Woman Identity
KEBAYA


Haiho-hiho semua!
Karena setiap weekdays sekarang saya seleksi di salah satu perusahaan Jepang, maka saya selalu pergi jam 6.30am - 20.30pm, setiba dirumah saya pasti langsung tepar dan langsung tidur bahkan tanpa makan. =(
Tapi saya tidak lupa dengan janji membicarakan tentang kebaya. YUHUUUU!!! ini topik menyenangkaaaaan! ;))
Mendekati hari wisuda salah satu yg harus diperhatikan adalah mempersiapkan kebaya. Tentu saya harus mencari model kebaya seperti apa yang saya inginkan dan nyaman dengan pilihan saya tersebut. Maka mulailah saya merencanakan model kebaya, variasi dari kebaya, warna serta corak rok batik, warna kebaya sampai dengan bahan kebaya yang sesuai dengan budget. Tahap ini adalah tahap menyenangkan sekaligus membingungkan, karena sekarang banyak contoh model kebaya modern yang menarik. Pasti kita jadi mau begini dan begitu. Makin dilihat bukan makin menuju titik terang, tapi makin menerawang. huahahaha
Selama tahap tersebut saya menemukan beberapa gambar kebaya. Ternyata mencari kebaya di internet sangat sulit!!! Jangan banyak berharap, belum lagi resolusinya yang kecil. Sekali lagi jangan. Kalau ingin mencari model-model kebaya carilah majalah seperti "Perkawinan" atau "Mahligai". Mau cara lebih instan? penjahit kebaya adalah 'perpustakaan' yang menyediakan berbagai model kebaya. Kalau kalian punya langganan, mereka dengan senang hati mempersilahkan kita melihat-lihat bahkan mendokumentasikan ke dalam kamera.
Ini beberapa contoh gambar kebaya yang saya pilih untuk kalian lihat :












Semuanya adalah kebaya putih dari beberapa designer. Salah satunya adalah Handy Hartono (no. 1, 2 & 6). Dari kebaya ini kita bisa terinspirasi dengan variasi bunga di bahan brokat yang kita miliki. Biasanya Brokat perancis & semi perancis memiliki motif dan corak bunga yang manis dan mewah. Harganya cenderung mahal memang, tapi tidak mengecewakan kok.






Saya (sy yakin kalian juga) menyukai rancangan luar biasa Anne Avantie. Saking terkagum-kagumnya, saya dan Dwinandha menginginkan suatu hari nanti kebaya resepsi kami dirancang oleh Beliau. Ya lihat saja nanti apa yang akan terjadi, huahahaha










TIPS & TRICK :

  1. Sesuaikan kebaya dengan budget. Ga mungkinkan kawinan orang, tapi budget kebaya kalian justru yg kaya org mau kawin


  2. Kreatif dan cerdik dalam mengaplikasikan "pinggiran dan kepala" bunga di bahan brokat kalian. kebaya sekarang justru banyak bermain aplikasi. Jadi buat apa harus beli bahan brokat perancis dijait biasa, sedangkan dengan bahan semi perancis dan yg lebih murah bisa menghasilkan kebaya luar biasa kalau kita pintar "bermain" di bahan.


  3. Perhatikan rambut dan make-up. kalau kebaya kita ga begitu 'wah', penampilan bisa ditunjang pada aspek ini. Dengan catatan : jangan menor.

Hal tersebut merupakan beberapa trik dan prinsip saya pribadi. Point paling penting adalah di nomor 2 dan hal tersebut sangat bergantung pada komunikasi kita yang baik dengan penjahit.
catatan :
Gambar saya peroleh dari majalah, tabloid dan internet. Tanpa tujuan untuk MENJUAL
Saya harap beberapa gambar yang saya sajikan bisa menginspirasi, membantu siapa saja yang ingin mencari model kebaya. =)
Saya bangga dengan identitas saya sebagai perempuan Indonesia.


No comments:

Post a Comment